Waspada Corona atau covid 19 ? Yuk amalkan Amalan Ini

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

WASPADA CORONA ATAU COVID 19 ? YUK AMALKAN AMALAN INI

Corona

Assalamualaikum Wr. Wb. Waspada Corona atau covid 19 ? Yuk amalkan amalan ini. Saya disini selaku penulis akan memberikan amalan sederhana yang harus dilakukan oleh setiap orang agar terhindar dari berbagai hal yang merugakan diri kita sendiri maupun orang lain, tentunya amalan ini saya rangkum sesuai dengan keterangan dari sumber buku yang saya baca.

Seperti yang kita ketahui bahwa Corona atau Covid - 19 merupakan virus yang mewabah ke berbagai penjuru dunia. Tentu hal ini membuat beberapa pemerintah dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia sangatlah khawatir tentang penyebaran Corana atau Covid – 19 ini. Dilansir dari berbagai berita yang tersebar bahwa Corona atau Covid – 19 mulai terdeteksi muncul di Kota Wuhan Tiongkok di pasar hewan dan makanan laut di Kota Wuhan itu sendiri, serta menurut laporan yang tertera sederet orang yang pertama kali terkena Corona atau Covid – 19 ini diketahui para pedagang asli di pasar itu.


Lantas apa yang menjadi penyebab Corona atau Covid – 19 ini dapat mudah menyebar dari manusia kemanusia ?, ternyata dari hasil pemeriksaan bahwa awal mula virus ini berasal dari ular, kelelawar,  Ayam, Katak yang dijual digrosir pasar hewan di Kota Wuhan, Tiongkok.

Adapun Gejala – gejala dari Corona atau Covid – 19 ini bisa muncul dalam 9 Hari di antaranya :
1.Hari ke 1 – 3. Gejala mirip masuk angin, Sakit tenggorokan ringan tetapi sedikit sakit, Tidak demam, tidak lelah, dan masih makan dengan nafsu yang normal

2.Hari ke – 4. Sakit tenggorokan sedikit, merasa mabuk, suara mulai serak, suhu tubuh berkisar 36,5 derajat C, sakit kepala ringan, diare ringan

3.Hari ke – 5. Sakit tenggorokan, suara serak, tubuh lelah merasa nyeri pada persendian

4.Hari ke – 6. Demam meningkat, batuk kering dan berdahak,sakit tenggorokan saat makan, berbicara atau menelan, kelelahan,mual,sesekali sulit bernapas, jari sakit

5.Hari ke – 7. Demam lebih tinggi, batuk lebih banyak, nyeri badan, frekuensi nafas pendek sesekali, diare makin sering,muntah

6.Hari ke – 8. Sulit bernapas, batuk terus menerus, sakit kepala, nyeri sendi, sakit punggung

7.Hari ke – 9. Batuk tidak mereda lebih buruk dari sebelumnya, kesulitan bernapas meskipun kesulitan bernapas.

Semoga kita semua tidak dalam kategori dari gejala – gejala diatas yang sobat 
Nah sesuai dengan judul diatas, lantas amalan apa saja sih yang Insya Allah kita terhindar dan di jauhkan dari itu semua ?

1.Memohon Pertolongan dan Perlindungan kepada Allah SWT

Sebagai orang - orang beriman kita sudah sepatutnya selalu tetap bertawakal terhadap ketetapan – ketetapan yang telah Allah Swt berikan kepada kita semua, khusunya dalam mengarungi kehidupan dunia ini, Adapun doa memohon perlindungan agar dijauhkan dari berbagai keburukan, kejahatan yang mengancam diri kita sendiri, keluarga, kerabat, teman maupun orang lain adalah sebagai berikut:

قَالَ رَبِّ إِنِّيٓ أَعُوذُ بِكَ أَنۡ أَسۡ‍َٔلَكَ مَا لَيۡسَ لِي بِهِۦ عِلۡمٞۖ وَإِلَّا تَغۡفِرۡ لِي وَتَرۡحَمۡنِيٓ أَكُن مِّنَ ٱلۡخَٰسِرِينَ  ٤٧

Nuh berkata: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari memohon kepada Engkau sesuatu yang aku tiada mengetahui (hakekat)nya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampun kepadaku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk orang-orang yang merugi".

2. Menjaga Kesehatan Diri

Keharusan dalam menjaga kebersihan itu merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang untuk melakukannya. Hal ini secara umum bisa dilakukan dengan cara mandi, menjaga makanan dan minuman serta menjauhi dari segala hal yang merugikan diri sendiri.

Adapun cara mandi Rasulullah SAW, dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Kami diberitahu oleh Maimunah, dia berkata “Saya menuangkan air mandi kepada Rasulullah SAW dengan tangan kanannya, air itu beliau tuangkan ketangan kirinya kemudian membasuh keduanya. Lalu beliau membasuh kemaluannya. Tangnnya menyentuh tanah dan mengusap kemaluannya dengan debu, lalu membasuhnya. Selanjutnya beliau berkumur – kumur dan istinsyaq (memasukan air kedalam hidung lalu mengeluarkannya), membasuh mukanya, lalu meratakan air dikepalanya. Setelah itu, beliau keluar dan membasuh kedua kakinya.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Selalu dalam keadaan Bersuci ketika hendak berpergian

Bersuci (berwudhu) tidak hanya dilakukan ketika melakukan shalat saja, tetapi dengan mejaga wudhu kita selaku umat Muslim merupakan keharusan yang mesti diusahakan dalam melakukannya. Karena dibalik menjaga air wudhu, tidak hanya menjaga kesehatan saja tetapi hal ini merupakan pertanda derajat keimanan seseorang , penambah amal dan pembersih noda.
Dari Abi Hurairah, dari Rasullah SAW. Bahwasanya ia pernah bersabda, “Jika tidak aku menyebabkan kesusahan atas umat-ku, niscaya aku perintah mereka bersuci di tiap tiap kali (berwudhu). (HR. Mallik, Ahmad dan Nasa-‘i).

4. Ucapkan Salam ketika bertemu orang Mukmin

Dengan adanya himbauan dari berbagai ahli kedokteran bahwasanya kita tidak boleh melakukan kontak fisik terhadap orang lain sepeti berjabat tangan, cium pipi ataupun hal lainnya. Sebenarnya mengucapkan Salam itu merupakan suatu keharusan bagi seorang Muslim dalam mengucapkannya, tetapi terkadang dari sebagian orang menyepelekan arti dari salam (Assalamualaikum Wr Wb), sebenarnya makna yang terkandung dari Assalamualaikum Wr. Wb merupakan suatu doa keselamatan bagi seseorang yang mengucapkan dan menjawabnya.

5. Menjaga segala macam Ibadah

Ibadah bagi umat Muslim di dunia merupakan perkara fadhu (keharusan/wajib) untuk dilakukan karena hal itu merupakan suatu perintah yang harus dilakukan bagi setiap umat Islam. Karena dengan melakukan Ibadah maka itu menjauhkan kita dari segala kemungkaran dan keburukan.
Allah Swt berfirman didalam QS Al – Ankabut Ayat 45 :

ٱتۡلُ مَآ أُوحِيَ إِلَيۡكَ مِنَ ٱلۡكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۗ وَلَذِكۡرُ ٱللَّهِ أَكۡبَرُۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُونَ  ٤٥

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Lantas ibadah apa saja yang hendak dilakukan, ini terdapat di dalam hadits Jibril dimana, Rasulullah SAW bersabda, “ Al – islam ialah Engkau bersaksi bahwa tidak ada satupun tuhan yang berhak di ibadati dengan benar melainkan Allah dan engkau bersaksi sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah. Dan engkau mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, shaum dibulan Ramadhan dan menunaikan haji jika engkau mampu menempuh perjalanan ke sana.” (HR. Muslim No. 8 dari jalan Umar bin Khathab).

6.Tidak Boleh pergi ketempat yang terjangkit Corona atau Covid 19

Mungkin itulah amalan – amalan sederhana yang mungkin kita bisa terapkan didalam kehidupan sehari hari untuk mejaga diri kita, keluraga kita, kawan kita serta kerabat – kerabat kita dari segala macam hal yang dapat merugikan kita semua. Semoga bermanfaat dari apa yang saya baca dan rangkum.Mohon maaf bila ada kesalahan ataupun kekurangan. Wassalamualaikum Wr. Wb