Adab - Adab Utama Seorang Muslim Dalam Menuntut Ilmu

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

 ADAB – ADAB UTAMA 
SEORANG MUSLIM DALAM MENUNTUT ILMU

Keutamaan Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb, Adab - adab utama seorang muslim dalam menuntut Ilmu.Saya disini selaku penulis akan mencboa melanjutkan pembahasan tentang keutamaan dalam belajar adab sebelum menuntut Ilmu, untuk pembahasan pertama sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, silahkan baca terlebih dahulu jika kalian belum membacanya.







Pada pembahasan ini saya akan mencoba menggali lagi adab - adab dalam menuntut Ilmu. Kali ini saya akan memberikan adab dalam menuntut ilmu syar’i, Berikut adalah pembahasannya :


1. Ikhlas niat dalam menuntut Ilmu

Imam An – Nawai berkata, “Keutamaan berjalan untuk menunut ilmu dan seseorang seseorang harus menyibukkan diri dengan menuntut ilmu syar’i dengan syarat wajib harus Ikhlas, mesikipun ikhlas ini syarat dalam semua ibadah. Akan tetapi para ulama selalu mengingatkan tentang pentingnya Ikhlas karena terkadang sebagian orang sering meremehkan dan lalai tentang Ikhlas apalagi orang – orang yang baru belajar menuntut ilmu dan yang seperti mereka (Syarh Muslim (XII/21).

2. Senantiasa membersihkan hati dan akhlak dari sifat - sifat yang buruk

Seorang penuntut ilmu agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mendapat kebaikan dari Allah swt, hendaknya ia membersihkakkn hatinya dari segala bentuk kedengkian, kecurangan, iri, keyakinan buruk dan akhlak yang jelek. Karena dengan demikian seseorang penuntut ilmu hatinya agar siap dalam menerima ilmu, menghafalnya dan merenungi makna – makna dan hakikiat yang terkandung dalam ilmu yang ia perlajari.

3. Berdoa memohon Ilmu yang bermanfaat kepada Allah Swt

Berdoa merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan segala sesuatu terutama bagi penuntut ilmu agar senantiasa berdoa memohon diberi ilmu bermanfaat kepada Allah SWT dan berdoa memohon pertolongan kepada-Nya dalam mencari ilmu serta sesalu meras butuh kepada-Nya.

4. Kesungguhan dalam menuntut Ilmu dan rindu untuk mendapatkannya

Didalam hal ini para penuntut ilmu tidak boleh bermalas – malasan dalam menacarinya (ilmu), karena orang yang bersungguh – sungguh dalam menunutut ilmu maka ia akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Selain itu para penuntut ilmu syar’i harus berusaha datang terlebih dahulu kemajelis atau ketempat gudang ilmu lainnya.

5. Mempelajari Al- Quran terlebih dahulu

Para penuntut ilmu disarankan mempelajari Al-Quran terlebih dahulu sebelum memperlajari ilmu – ilmu lainnya karena dari sebagian para ulama berpendapat bahwa Awal dari ilmu adalah menghafalkan Kitabullah (Kitabnya Allah SWT) selain itu juga Al – Quran merupakan pokok –
pokok dari segala dari ilmu.

6. Menjauhkan diri dari segala bentuk dosa dan maksiat dengan bertaqwa kepada Allah Swt

Dari Imam Ibnul Qayyim, mejelaskan dalam kitabnya bahwa seseorang tidak akan mendapatkan ilmu disebabkan dosa dan maksiat yang dilakukannya.


7. Memanfaatkan usia muda dalam menuntut Ilmu

Seorang penuntut ilmu lebih baik menggunakan masa mudanya untuk menuntut ilmu. Jangan sampai ia tertipu dengan panjang angan – angan dan kata – kata ‘Nanti’. Karena setiap waktu yang berlalu dari umurnya tidak aka nada gantinya.

8. Tidak boleh sombong dan malu dalam menuntut Ilmu

Para penuntut ilmu tidak akan mendapatkan ilmu jika sifat sombong dan malu ada dalam keduanya.

9. Mendengarkan baik - baik pelajaran yang disampaikan oleh Syaik,Ustadz/Guru

10. Diam Ketika Pelajaran Disampaikan

11. Berusaha Memahami Ilmu Syar'i yang di sampaikan

12. Menghafalkan Ilmu Syar'i yang disampaikan

13. Mengikat Ilmu Syar'i dengan Tulisan

14. Mengamalkan Ilmu Syar'i yang di ajarkan

Mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari oleh para penuntut ilmu itu merupakan suatu hal yang harus dilakukan karena hal itu merupakan suatu gambaran bahwa ilmu yang kita pelajari benar – benar kita pahami.

15. Mendakwahkan Ilmu

Adapun maksud dari mendakwahkan ilmu yang telah dipelajari oleh para penuntut ilmu diantaranya adalah dari Syakh ‘Utsaimin menjelaskan, “ Maksudnya yaitu berdakwanh mengajak kepada syari’at Allah yang di bawa oleh Rasulullah SAW berdasarkan tiga atau empat tingkatannya.

16. Memilih Teman Yang Baik

Para penuntut ilmu hendaknya memilih teman yang baik, dimana hal ini dapat membantunya dalam perkara – perkara kebaikan, karena dengan demikian seoarang teman kan memberikan pengaruh kepada temannya.







Mungkin itulah Adab - adab utama seorang muslim dalam menuntut Ilmu. Mohon maaf bila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan. Semoga bermanfaat dari apa yang saya baca dan rangkum. Diharapkan kritik dan saran untuk perkembangan website ini. Wassalamualaikum Wr. Wb