Hikmah Peristiwa Baiat Aqabah Pertama dan Baiat Aqabah Kedua

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

 

hikmah-peristiwa-baiat-aqabah-pertama-dan-baiat-aqabah-kedua

Hikmah Peristiwa Baiat Aqabah Pertama dan Baiat Aqabah Kedua. Assalamualaikum Wr. Wb. Jangan pernah lupa untuk beshalawat kepda baginda kita Nabi Muhammad Saw sebelum melanjutkan membaca tentang Peradaban Islam.

Seperti yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya bahwa Islam berhasil diterima oleh penduduk Madinah berkat peristiwa baiat aqabah pertama dan baiat aqabah kedua.

Peristiwa dan kejadian yang terjadi selama kita hidup didunia ini tidak semerta – merta terjadi seperti apa yang kita lihat dan rasakan, tentunya ini merupakan sudah kehendak dan ketetapan dari Allah Swt.

Baca Juga : Peristiwa Baiat Aqabah Kedua

Peristiwa dan kejadian juga tidak semerta merta terjadi melainkan dibalik itu semua terdapat hikmah, pelajaran, kebaikan dan kemaslahatan bagi seseorang yang diuji imannya oleh Allah Swt.

Begitupun dengan peristiwa baiat aqabah pertama dan baiat aqabah kedua terhadap Rasulullah Saw dengan melakukan komitmen bahwa tidak akan pernah menyekutukan Allah Swt, serta menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Hikmah Peristiwa Baiat Aqabah

Para sejarawan yang menelaah tentang peradaban – peradaban Islam khusunya manyatakan bahwa para sahabat anshar yang ikut andil dalam baiat Aqabah, para sejarawan menemukan bahwa terdapat 73 sahabat nabi meninggal dunia karena syahid.

Itu terjadi pada masa Nabi Muhammad Saw dan pada masa setelahnya. Separuh dari semua para sahabat             Nabi ikut andil dalam berbagai pertarungan, petempuran dan peperangan bersama Rsaulullah Saw.

Terdapat 33 orang sahabat yang senantiasa berada di sisi Rasulullah Saw dalam melakukan setiap peperangan yang diikuti oleh Rasulullah Saw. Adapun yang mengikuti perang badar berjumlah 70 orang sahabat Nabi Muhammad Saw.

Baca Juga : Adab Terhadap Rasulullah Saw Bagi Penuntut Ilmu

Disamping itu juga pada baiat aqabah kedua dimana kaum anshar menepati komitmen yang mereka lakukan kepada Allah Swt dan Rasul-Nya. Diantara dari sebagian mereka ada yang meninggal dunia dan syahid dan ada juga pula yang masih hidup.

Kaum anhar yang masih hidup pada saat itu ikut andil dalam kepemimpinan daulah – daulah Islam serta ikut adalah dari berbagai banyak peristiwa yang terjadi setelah Rasulullah Saw wafat.



Hal ini dilakukan mereka semata semata mencari ridha Allah Swt ,mereka melakukan tanpa pamrih berjuang sekuat tenaga dari apa yang ia miliki untuk menegakan syariat Allah Swt dan Rasul-Nya.

Tentunya ini harus dijadikan contoh pada generasi generasi sesudahnya bahwa membela dan menegakan agama Allah Swt yang dibawa Nabi Muhammad Saw  itu sangat - sangat lah penting dan harga mati!!

Maka dari itu yuk kita sama sama berhijrah dengan sebenar – benarnya hijrah kepada Allah Swt. Berjuang dan bekerja keras untuk tegaknya tonggak agama Allah Swt diberbagai penjuru dunia. Semoga kita tetap Istiqamah dalam menjalankannya.Aminn:).

Sumber Pencarian Google, Sumber Pustaka Buku, Sumber Gambar (Mohon Izin).