Adab Terhadap Rasulullah Saw Bagi Penuntut Ilmu

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

ADAB TERHADAP RASULULLAH SAW
BAGI PENUNTUT ILMU

Adab Penuntut Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb, Adab terhadap Rasulullah Saw bagi penuntut Ilmu.Adab merupakan hal sangat penting bagi semua kalangan orang, bagaimana kita menghargai,menghormati,berprilaku baik terhadap seseorang dengan adab yang baik serta dibarengi dengan ilmu tentunya. Karena Adab dan Ilmu itu merupakan suatu hal yang erat tidak boleh dipisahkan antara keduanya. Selain keutamaan mempelajari adab, Keutamaan Adab,Adab kepada Allah Swt, sekarang kita akan coba menggali adab terhadap Rasulullah SAW yang dapat kita amalkan di kehidupan kita sehari hari.


Adapun urutan nasab singkat Rasulullah Saw , Rasulullah Saw adalah Muhammad bin Abdullah  bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah bin Ibnu Khazimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nazar bin Ma’ad bin Adnan (Dari adnan inilah merupakan anak dari Ismail AS). Iniilah garis nasab yang disepakati oleh penulis biografi dan nasab dari Rasulullah SAW.

Dari sekian banyak adab yang kita dipelajari adab terhadap Rasulullah SAW meupakan adab yang paling tinggi setelah adab kepada Allah Swt. Tetapi menurut saya semua adab merupakan tingkat paling tinggi bagi kehidupan.

Diantara adab-adab para para penuntut ilmu terhadap Rasulullah SAW adalah sebagai berikut :

1.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa mengimani beliau SAW sebagai Nabi dan Rasul terakhir bagi seluruh manusia, sebagai pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira, lpenyeru kejalan Allah  dengan izin-Nya, serta mengimani kebenaran dari segala apa yang beliau bawa dari Allah Swt. Disamping itu kita harus membernarkan kabar yang beliau bawa dari segala perkara-perkara yang telah terjadi, sedang terjadi dan yang akan terjadi.

2.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa mencintai Rasulullah SAW lebi dari rasa cinta kita terhadap diri sendiri,orang tua,anak dan yang lainnya. Disini kita bisa lihat bahwa keutamaan dalam mencintai Rasulullah SAW lebih dari apapun itu. Rasulullah SAW bersabda, “ Tidaklah sempurna iman seseorang dari kalian hingga aku  lebih kalian cintai daripada anaknya,orang tuanya, dan manusia seluruhnya.” (HR Al- Bukhari (no 15),Muslim (no 44), Ahmad (III/275) dan An- Nasa’I (VIII/114-115), dari sahabat Anas Bin Malik RA


3.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa mentaati apa yang beliau perintahkan dan menjauhi apa yang beliau larang karena dari segala sesuatu yang beliau ucapkan merupakan untuk kemaslahatan kita sebagai umatnya dan hamba Allah Swt. Dan ini tedapat didalam Surah Al- Hasyr : 7)

4.Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa meneladani dalam setiap perkataan,perbuatan, ibadah, dan pergaulannya. Ini tercantum didalm Surah Al- Ahzaab : 21)

5.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa wajib ittiba’ hanya kepada Rasulullah SAW saja. Allah SWT berfirman didalm Surah Ali – ‘Imran Ayat 31.

6.Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa banyak bershalawat kepada Rasulullah SAW, sebagaimana yang diperintahkan Allah SWT di dalam firman-Nya, QS Al- Ahzaab Ayat 56.

Para Ulama dahulu mengatakan bahwa, “Makna bershalawat dari Allah Swt untuk Nabi –Nya ialah Allah Swt memuji dan menyanjung beliau (Nabi Muhammad SAW) di sisi para Malaikat. Adapun makna shalawat dari Malaikat untuk beliau ialah mereka mendoakan kebaikan untuk beliau dan memohonkan ampunan untuk beliau kepada Allah Swt. Dan makna shalawat dari bani Adam untuk beliau ialah do’a dan pengagungan terhadap perintah beliau.” (Lihat Ashlu Shifati Shalaatin Nabiy (III/914)).


7.Tidak boleh membuat shalawat – shalawat yang tidak di contohkan oleh Rasulullah SAW. Tidak boleh bagi seorang thalabul ‘ilmi berbuat bid’ah,  yaitu dengan mengadakan sesuatu yang baru dalam syari’at Islam.

Mungkin itulah beberapa Adab terhadap Rasulullah Saw bagi penuntut Ilmu khusunya bagi semua orang yang merupakan tabia’t nya umat Muslim yang harus senantiasa mengikut dari apa yang beliau ajarkan. Semoga bermanfaat dan Mohon maaf terdapat kesalahan di dalam penulisan karena itu merupakan murni kesalahan saya sendiri serta kritik dan saran saya tunggu. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga :