Kiat-Kiat Memahami Pelajaran Yang Disampaikan Oleh Ustadz, Syaikh, atau Guru

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

KIAT- KIAT MEMAHAMI PELAJARAN
 YANG DISAMPAIKAN OLEH USTADZ, SYAIKH ATAU GURU

Pelajaran

Assalamualaikum Wr. Wb. Kiat-kiat memahami pelajaran yang disampaikan oleh ustadz, syaikh, atau guru.Saya disini selaku penulis akan mencoba menyampaikan beberapa kiat – kiat untuk memudahkan kita memahami pelajaran dari apa yang disampaikan oleh guru kita. Sebenarnya ini merupakan pembahasan dari adab pada postingan sebelumnya.

Baca Juga : Adab - Adab Utama Seorang Muslim Dalam Menuntut Ilmu

Kadangkala kita dalam belajar sering terasa kurang nyaman berada dikelas, dimajelis ataupun di tempat lainnya, kita sering merasa belajar kaya yang tidak dapat apa – apa atau mungkin terasa seperti susah dalam memahami apa dari maksud materi yang di sampaikan oleh guru, dosen, ustadz, syaikh ataupun yang lainnya. Tapi jangan khawatir saya disini mempunya kiat – kiat yang InsyaAllah akan membantu kita semua dalam memahami sesi pembelajaran, Berikut penjelasannya :


1. Diusahakan mencari tempat duduk dekat dihadapan guru

Hal ini biasanya perihal yang sering terjadi dikalangan siswa – siswi SMK,SMA,SMP Bahkan kuliahan yang tidak mau duduk dihadapan guru atau duduk di bangku paling depan, padahal hal ini merupakan kesempatan emas kita untuk mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru kita. Karena dengan kita duduk paling depan atau dihadapan guru kemungkinan besar bakal lebih mudah mendengarkan denagn baik penjelasan  dari guru kita. Terlebih lagi jika suara guru yang kecil maka kemungkinan terdengarnya penyampaian sangat kecil ketika kita duduk dibelakang berbeda dengan kita duduk didepan maka ketika suara guru kecil masih terdengar oleh kita.


2. Memperhatikan penjelasan guru dan bacaan murid yang berpengalaman

Selain pada poin pertama ini juga yang sering terjadi dikalangan para penuntut ilmu, kadangkala seorang penuntut Ilmu lengah dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru kita atau bacaaan seorang murid yang berpengalaman atau dengan kata lain ketika ia sedang belajar malah ngobrol dengan teman sebangku atau melakukan hal lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi dalam belajar.  Tentu hal ini manfaat yang dia dapatkan sangat sedikit dan masalah – masalah dalam pelajaran menjadi rancu baginya karena tidak mengerti materi yanag disampaikan oleh guru.


3. Bersungguh – sungguh untuk mengikat (mencatat) faedah – faedah pelajaran

Selanjutnya yaitu seorang penntut ilmu harus cepat, semangat dan lugas dalam mencatata hal – hala penting ketika dalam proses pembelajaran. Karena menurut sebagian pendapat menulis poin – poin penting atau kesimpulandalam proses belajar merupakan kelezatan yang telah terkemas.


4. Tidak banyak bertanya saat pelajaran disampaikan

Dalam hal ini para penuntut ilmu harus bisa mengkondisikan dalam bertanya, karena jika kita bertanya ketika pelajaran disampaikan oleh guru itu sama saja kita memotong pembicaraan guru kita. Lebih baik kita bertanya saat guru kita memperkenankan kita unutk bertanya atatu bisa kita bertanya saat sesi pembelajaran mau berkahir dan itu juga bila guru memperkenankan kita untuk bertanya, Satu alasan hal ini harus benar – benar diperhatikan karena ini hanya akan mempersempit memperoleh manfaat ilmu, baik untuk dirimu maupun teman – teman mu.


5. Tidak membaca satu kitab kepada banyak guru pada waktu yang sama

Hal ini biasanya sering terjadi ketika proses pembelajaran terkadang kita seringkali belajar suatu bidang  tertentu pada guru pertama yang mengajarkan pada bidang yang anda ampu, nah keesokan harinya anda belajar juga dalam bidang yang anda ampu ke guru yang berbeda. Yang paling baik adalah kita harus menekuni membaca satu kitab atau memperlajari satu bidang, ringkasan – ringkasan kepada satu orang guru yang mutqin (Ahli) agar dapat memperoleh manfaat yang sama.


6. Mengulang pelajaran setelah kajian selesai

Seorang penuntut ilmu yang baik ia akan memperhatikan adab terutama pada diri sendiri, seringkali kita dalam proses pembelajaran ada pembahasan yang kurang mengerti meskipun kita bertanaya kepada guru tetapi masih belum paham betul. Nah mengulang pelajaran ini sangatlah bermanfaat karena dapat menambah wawasan berpikir dalam belajar, bayangkan ketika kita sudah selesai dalam proses pembelajaran ketika keluar kelas kita sering lupa kembali apa yang disampaikan oleh guru kita. Nah dengan cara kita mengulang pembelajaran maka lebih besar kemungkinan kita untuk cepat memahaminya, apalagi hal ini dilakukan dengan teman – teman kita untuk mudzkarah,muraja’ah dan mengadakan tanya jawab itu lebih baik lagi.

7. Bersungguh – sungguh mengamalkan ilmu yang telah dipelajari

Hal ini merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan terkadang materi yang sudah disampaikan oleh guru, kita sebagai penuntut ilmu sangat sulit untuk merealisasikan di kehidupan sehari – hari dari apa ilmu yang telah kita dapat dari hasil pembelajarn. Sungguh telah dikatakan dalam sebuah riwayat, “Ilmu memanggil – manggil amal. Jika meyahutnya (ia akan mendekat) dan jika tidak, ia akan menjauh.

Mungkin itulah Kiat-kiat memahami pelajaran yang disampaikan oleh ustadz, syaikh, atau guru. Mohon maaf bila ada kesalahan tak terduga dari apa yang saya tulis karena itu adalah murni kesalahan saya sendiri. Semoga bermanfaat dari apa yang saya baca dan rangkum. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga : 
Keutamaan Mempelajari Adab -Adab Dalam Menuntut Ilmu
10 Etika Keseharian Baginda Nabi Muhammad SAW  
 Waspada Corona Atau Covid 19 ? Yuk Amalkan Amalan Ini