Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam II

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam II

ruang-lingkup-kejayaan-sejarah-islam


Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam II, Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari tentang kejadian di masa lampau yang di dasarkan terhadap kebenaran atau fakta adanya kejadian tertentu.

Disamping itu juga sejarah peradaban islam di negara indonesia yang di sesuaikan dengan mata pelajaran di bangku sekolah bahwa peradabaan islam itu adalah sejarah kebudaayan islam (SKI).

Sejarah kebudayaan islam itu sendiri di dalamnya menjelaskan tentang peranan politik, ekonomi, kemanusiaan, teknologi, seni, sastra,religi,moral dan lain lain. Yang bisa di baca pada Ruang LingkupKejayaan Sejarah Peradaban Islam I.

Untuk itu perlu di ketahui bahwasanya sejarah islam merupakan ilmu pengetahuan agama islam yang mempelajari tentang Al-Qur’an,As-Sunnah,Fiqih,Tauhid, Tarikh serta cabang cabang turunan lainnya.

Adapun menurut dari pandangan para sejarawan yang ahli di dalam bidangnya tersebut mengemukakan bahwa perkembangan sejarah historiografi islam terbagi kedalam empat bagian sebagai berikut :

Periode abad ke 1 sampai dengan abad ke 3 Hijriyah

Pada priode abad 1 sampai dengan  3 Hijriyah, memiliki ciri bahwa masa ini belum terpecahnya antara legenda dan tradisi arab, seperti diketahui bahwa keadaan bangsa arab sebelum mengenal islam secara menyeluruh.

Adapun sejarah islam yang sifarnya relatif ilmiah yakni muncuk sekitar abad 2 Hjriayah 1 abad setelanya. Disamping itu penulisan sejarah pada abad ke 2 Hijriyah masih di pengaruhi oleh tradisi bangsa persia.

Baca Juga : Adab – Adab Penuntut Ilmu Terhadap Waktu

Periode  abad ke 3 sampai dengan abad ke 6 Hijriyah

Periode  abad ke 3 sampai dengan abad ke 6 Hijriyah, memiliki ciri bahwa sanya diakuinya kedisiplinan ilmu yang berdiri sendiri dan selain dari ciri diatas yakni lahirnya sejarawan wilayah-wilayah atau provinsi.

Adapun para sejarawan pada abad ke  3 hijriyah sampai abad 6 hijiriyah muncul nya buku buku sejarah seperti buku Fathu Misr karya Abdurrahman bin Abdullah bin Abdul Hakam serta buku Tarikh Baghdad karya Ibnu Abi Thahir Taifur.

Periode abad ke 6 sampai dengan abad ke 10 Hijriyah

Pada periode abad ke 6 sampai abad ke 10 H ini memiliki ciri bahwa dipergunakannya dua bahasa yakni bahasa Arab dan bahasa Persia.

Periode abad ke 10 sampai dengan abad ke 13 Hijriyah

Pada periode ke 10 sampai abad ke 13 H ini memiliki ciri bahwa dipergunakannya bahasa turki di sejumlah penulisan sejarah dan hal ini di sebabkan karena tegaknya Dinasti Turki Utsmani dan ekspansi Barat pada dunia Islam.

Setelah histografi sejarah islam pada pembahasan diatas selanjutnya ada periodisasi dari peradaban sejarah islam yang dikemukakan oleh beberapa para ahli.

Periodisasi Peradaban Sejarah Islam

Periodisasi peradaban sejarah Islam ini merupakan akar dari pada ciri sejarah yang mengkaji tentang peristiwa atau kejadian pada konteks kurun waktu dan tempat tertentu dengan macam-macam tolak ukur yang ada.

Menurut Prof. DR. H.N. Shiddiq

1.    Sejarah konvesional tolak ukurnya adalah biasanya pada sistem politik

2.    Sebua negara tolak ukurnya adalah biasanya pada persoalan ekonomi tentang bagaimana maju mundur pekembangan ekonomi

3.    Tolak ukurnya terdapat pada tingkat peradaban dan kebudayaan suatu bangsa atau negara.

4.    Dan yang terakhir tolak ukurnya masuk dan berkembangnya pada suatu negara atau bangsa.



Menurut Prof.Dr.Harun Nasution

Menurut Prof.Dr.Harun Nasution, periodisasi pada sejarah peradaban islam terbagi kedalam  priode yakni sebagai berikut :

1.    Periode Awal/Klasik (pada tahun 650-1250 M)

Pada periode awal atau klasik ini meliputi dua masa yakni pada masa Rasulullah Saw, Khulafaurasyidin,Bani Umayyah dan masa permulaan berikutnya pada Dawlah Bani Abbasiyyah.

2.    Periode Kedua/Pertengahan (pada tahunn 1250-1800 M)

Periode kedua atau pertengahan ini terjadi pada dua masa kemunduran dan tiga masa kerjaan besar yakni Turki Utsmani,Dawlah Shafawiyah dan Dawlah Mongoliyah dari India.

Tiga kerajaan besar tersebut berdasarkan sumber yang tertera mengalami kemajuan pada tahun 1500 M - 1700 M dan mengalami kemunduran kembali sekitar tahun 1700 M – 1800 M.

3.    Periode Ketiga/Modern (pada tahun 1800 M – Sekarang)

Periode ketiga atau modern  dari banyak sumber yang ada bahwa umat islam banyak belajar dari dunia barat dalam rangka pengembalian balance of power dimana islam perlahan mulai bangkit dan melakukan pembaruan.

Allahu Akbar !!!, Allahu Akbar !!!, Allahu Akbar !!!

Mungkin itu dia Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam II pembahasan lanjutan dari RuangLingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I. Sekian dan Terima Kasih.

Baca Juga : Penting! Inilah 11 Adab Terhadap Diri Sendiri.

Sumber Pencarian Google dan Sumber Pustaka Buku