Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

 Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I

ruang-lingkup-kejayaan-sejarah-peradaban-islam-i


Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I, kali ini kita akan mencoba membahas dan mengupas tuntas tentang kejayaan sejarah peradaban islam secara bertahap menurut sumber pencarian Google dan Buku

 Dalam bahasa arab sejarah berarti tarikh dari akar kata ta’rikh dan taurikh menurut bahasa adalah ketentuan masa, perihal waktu atau berakhirnya suatu peristiwa atau kejadian tertentu.

 Sedangkan menurut istilaj sejarah merupakan kejadian atau keterangan yang sudah di lalu sebelumnya atau pada masa yang telah lampau atau bahkan pada masa yang masih ada sesudahnya.

Baca Juga : Hadist Tentang Ciri - Ciri Fisik Nabi Muhammad SAW

 Dapat disimpulkan bahwa arti sejarah adalah kejadian – kejadian masa silam telah berlalu yang diabadikan dalam laporan – laporan tertulis berupa buku, kitab bahkan lewat pengalaman berbicara seseorang yang di anggap suatu hal besar dan penting.

 Selain dari tarikh sejarah dalam bahasa arab adalah Syajarotun yang memlilki arti pohon karena pohon mempunyai cabang dan ranting yang bermula dari bibit dan kemudian tumbung berkembang kemudian layu serta tinggalah kenangan lalu (sejarah).

Didunia barat sejarah berarti history yang berasal dari kata istoria berarti ilmu yang dituturkan secara kronologis ataupu tidak secara kronologis atau bisa juga disebut dengan natural history (sejarah alami).

 Didalam kamus bahasa indonesia sejarah itu mencakup tiga hal yakni silsilah atau keturunan, kejadian yang benar terjadi di masa silam serta peristiwa nya serta uraian ilmu pengetahuan tentang peristiwa sejarah (lampau atau silam).

 Definisi Sejarah Menurut Para Ahli

Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I,  dari paparan diatas dinayatakan bahwa ada para ahli yang mengemukakan pendapat tentang sejarah peradaban di dunia maupun sejarah yang berkaitan tentang hal -  hal tertentu.

 Menurut Ibnu Khaldun

Sejarah adalah hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat umat manusia atau peradaban kehidupan di dunia dimana di dalamnya menjelaskan tentang perubahan, watak, golongan, revolusi bahkan pemberontakan seperti penjajahan dan kerajaan.

 Menurut Bauer

Sejarah adalah didasarkan terhadap ilmu pengetahuan yang berusaha melukiskan dan dibantu dengan penglihatan yang benar sesuai dengan fenomena yang terjadi perubahan antar kehidupan manusia dan bermasyarakat.

 Menurut Zidi Gazalba

Sejarah adalah gambaran kehidupan manusia dan kalangan masyarakat yang di cap sebagai makhluk sosial dan disusun secara lengkap dan rinci yang di dasarkan terhadap fakta, penjelasan, tafsiran agar mudah dimengerti oleh kalangan orang sesudahnya.

 Menurut Brenheim

Sejarah adalah suatu ilmu yang di dalamnya menjelaskan tentang penyelidikan suatu kejadian dan menceritakan fakta – fakta silam dan berhubungan dengan perkembangan umat manusia dari kalangan masyarakat etnis,suku tertentu di belahan dunia.

 Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I

Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I, Di Indonesia itu sendiri sejarah peradaban islam disebut dengan sejarah kebudayaan islam (SKI) yang di dalamnya berkaitan dengan seni,sastra,religi dan moral, politil, ekonomi dan tekologi.

 Dari hal diatas menurut Koentjaraningrat kebudayaan itu memiliki 3 wujud yakni wujud ideal berkaitan dengan ide,gagasan,norma dan peraturan, wujud kelakuan berkaitan dengan aktivitas pola perilaku manusia dalam masyarakat, dan wujud benda yakni karya.

 Itu berarti dengan datangnya Islam jelas memberikan efek positif bagi makna  kemanusian yang tinggi, cita – cita dan semangat islam adalah peneguhan terhadap kemanusiaan,kesetiaan manusia kepada kewajibannya terhadap Allah Swt.

 Hal menarik tentang kebudayaan islam dari abad ke 7 sampai abad 13 adalah kebudayaan dan agama yang berasal dari bangsa arab gurun pasir yang miskin dengan pimpinan Nabi Muhammad Saw, Khalifah Rasyidin dan Khalifah Raja – Raja.

 Persoalan Ruang Lingkup Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I

Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I, pada pembahasan diatas telah kita singgung bahwa sejarah merupaka peristiwa yang telah terjadi di masa lampau seperti hijrah Nabi, Turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad Saw dan lain – lain.

 Persoalan Objektif dan Subjektif Sejarah terdapat 4 faktor yaitu memiliki sikap pribadi yang berat sebelah (personal bias), prasangka kelompok (group prejudice), teori interpresentasi sejarah yang berlainan serta filsafat yang berlainan.

 Mungkin itulah hasil dari rangkuman Kejayaan Sejarah Peradaban Islam I. Semoga bermanfaat bagi para pembacanya.

 Baca Juga : 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berada Di Rumah.