Penting! Inilah 11 Adab Terhadap Diri Sendiri.

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

PENTING! INILAH 11 ADAB TERHADAP DIRI SENDIRI

Adab Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb. Penting! Inilah 11 Adab Terhadap Diri Sendiri. Adab merupakan hal yang panting bagi setiap orang dan di sarankan sebelum menuntut ilmu kita senantiasa belajar adab terlebih dahulu. Terkadang kita sebagai manusia sulit untuk mengatur diri sendiri, menahan hawa nafsu, membatasi diri dari hal – hal yang tak sepantasnya kita ada di sana. Maka dengan belajar adab kita Insya Allah bisa senantiasa terhindar dari itu semua, sebab adab bukan hanya sekedar keharusan dalam mempelajarinya tetapi sebagai acuan kita dalam berinteraksi dengan sesama manusia. 


Berikut adab – adab penuntut Ilmu terhadap dirinya sendiri adalah sebagai berikut :

1.Para penuntut Ilmu hendaklah mengetahui dan meyakini bahwa ilmu itu adalah ibadah. Bahkan hal ini merupakan ibadah yang paling utama dan paling agung sehingga Allah Swt menjadikannya sebagai bagian dari Jihad Fisabilillah (Jihad dijalan Allah Swt). Allah Swt berfirman di dalam Surah At- Taubah Ayat 122. (Silahkan buka kitab suci Al- Qur’annya).


2.Para penuntut Ilmu hendaklah memperhatikan pendidikan jiwa dan pensuciannnya (tazkiyatun nufus), yang akan membawanya pada jalan ketaatan dan menjauhkannya dari segala maksiat. Allah Swt berfriman di dalam Surah Asy-Syams Ayat 9 – 10 (Silahkan buka kitab suci Al-Qur’annya).
Adapun Imam Ibnu Jama’ah berkata, “Hendaklah para penuntut Ilmu membersihkan hatinya dari segala sifat khianat, kotor, iri dengki, hasad serta keyakinan dan perangai yang buruk agar hatinya menjadi lebih baik dalam menerima dan menghafalkan ilmu, menela’ah makna-makna yang terkandung di dalam hakikat – hakikat yang masih samar.


3.Para penuntut Ilmu harus senantiasa dan wajib mengikuti dan meneladani para Sahabat Rasulullah SAW dalam menuntut Ilmu.
Adapun Syaikh Bakr Abu Zaid mengatakan, “ Para penuntut Ilmu harus menjadi salafi sejati yang senantiasa mengikuti jalan yang ditempuh oleh para salafush shalih dan orang – orang yang mengikuti mereka dalam semua masalah agama, dimulai dari masalah tauhid, ibadah, dan lain sebagainya. Selain itu para penuntut Ilmu harus senantiasa konsisten untuk mengikuti Sunnah Rasulullah saw  dan menerapkannya dalam kehidupanmu serta jauhilah perdebatan, jangan mempelajari ilmu kalam (filsafat) serta segala hal yang mendatangkan dosa dan jagalah diri dari segala hal yang menghalangimu dari syariat Allah Ta’ala.


4.Para penuntut Ilmu hendaklah menghiasi dirinya dengan akhlak yang mulia dan ada yang baik serta menjauhi dai segala akhlak dana dab yang jelek dan hina.
Adapun Syaikh Bakr Abu Zaid mengatakan, “ Hendaklah kalian para penuntut Ilmu menghiasi dirimu dengan etika – etika jiwa berupa menjaga kehormatan diri,santun,sabar,rendah hati,berprilaku tenang dalam bersikap berwibawa, teguh serta tawadhu serta mampu menanggung beban berat selama belajar demi memperoleh kemuliaan ilmu serta bersedia tunduk kepada kebernaran.


5.Para penuntut Ilmu harus senantiasa mengintropeksi diri dan tidak mencari alasan untuk membenarkan kesalahan karena ketika mencari cari alasan dapat berpengaruh terhadap seseorang yang berpegang pada kesalahannya karena ada yang membelanya. Bahkan yang lebih bahaya kesalahan itu menjadi kebenaran menurut pandangannya.




6.Para penuntut Ilmu harus senantiasa menghiasai diri dengan rasa takut kepada Allah Swt secara lahir dan bathin dengan cara menjaga syariat dan syiar Islam seperti menampakkan dan menyebarkan Sunnah dengan cara mengamalkan, mendakwahkan, menunjukan kepada jalan Allah Swt sesuai dengan Ilmu, akhlak, dan amal yang telah kita pelajari. Disamping itu juga kita harus senantiasa bersikap dewasa dan jantan dengan penuh toleransi dan akhlak mulia.


7.Para penuntut Ilmu harus senantiasa menghiasi dirinya dengan selalu merasa diawasi oleh Allah Ta’ala, baik dalam keadaan sembunyi – sembunyi maupun terang – terangan.


8.Para penuntut Ilmu harus senantiasa berlaku lurus dalam tingkah laku dan selalu kembali kepada Allah Swt dengan tahubat nasuha (ikhlas, benar dan jujur apabila terjatuh dalam perbuatan dosa.


9.Para penuntut Ilmu harus senantiasa qanaah dan zuhud . Adapun maksud dari zuhud ini adalah dengan kita menjauhkan diri dari segala yang haram serta syubhat dengan cara menahan diri agar tidak terjerumus kedalam hal – hal yang tidak diinginkan. Selain dari itu zuhud artinya meninggalkan dari segala hal yang tidak bermanfaat bagi kehidupa di akhirat.


10.Para penuntut Ilmu harus bisa menghiasai diri dengan keindahan ilmu berupa bagusnya budi perkerti, akhlak yang baik dengan senantiasa bersikap malu, tenang, berwibawa, khusyu, tawadhu dan senantiasa bersikap istiqamah secara lahir dan bathin serta tidak melakukan hal – hal yang dapat merusak keistiqamahan kita.


11.Seperti yang dijelasakan pada poin ke 10 bahwa para penuntut Ilmu harus mempunyai rasa malu, karena sifat malu dalam menuntut Ilmu merupakan bagian dari Akhlak Islam.
Mungkin itulah hal Penting! Inilah 11 Adab Terhadap Diri Sendiri. Semoga bermanfaat dan Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan kata karena hal itu merupakan murni dari kesalahan dari diri saya pribadi. Wassalamualaikum Wr. Wb


Baca Juga :