Pentingnya Mengikat ilmu atau Pelajran Dengan Tulisan

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

PENTINGNYA MENGIKAT ILMU ATAU PELAJARAN DENGAN TULISAN

Mengikat Ilmu


Assalamualaikum Wr.Wb, Pentingnya mengikat ilmu atau pelajran dengan tulisan. Saya disini selaku penulis akan memberikan pandangan tentang pentingnya kita menulis ketika pembelajaran berlangsung. Terkadang ketika belajar di sekolah, perguruan tinggi serta madrasah kita tidak pernah luput dari yang namanya menulis disetiap pertemuan yang di lalui oleh para penuntut ilmu. Dan dari sebagian para penuntut Ilmu seringkali malas dalam hal menulis pelajaran  yang sudah disampaikan oleh guru, dosen maupun ustadz, karena jika kita malas  hal itu bukanlah ciri orang muslim dalam menuntut Ilmu.








Seorang muslim sepatutnya ketika didalam proses belajar, para penuntut ilmu haruslah mencatat pelajaran, poin-poin penting, farwaa-id (Faedah dan manfaat) dari ayat, hadits, pelajaran umum serta perkataan para ulama,guru serta dosen yang dianggap itu penting untuk dicatat dan di ingat.




Adapun Tujuan dari mencatat ketika proses belajar bukan hanya sebagai ciri seorang muslim dalam menuntut Ilmu tetapi supaya ilmu yang telah disampaikan tidak hilang dan terus tertancap didalam ingatan setiap mengulangi pelajarannya. Karena daya tangkap atau kemampuan menghafal dan memahami pelajaran berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Selain itu, dengan mencatat pelajaran ia dapat memahami dan menghafalkannya.




Dari Imam As-syafii untuk memperoleh ilmu para penuntut ilmu harus senantiasa mempunyai  atau membawa buku catatan,alat tulis dan peralatan lainnya yang menunjang kebutuhan para penuntut ilmu. Karena Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa, “ Ikatlah ilmu dengan Tulisan.” (HR. Ibnu ‘Abdil Barr dalam Kitab Jamii’ Bayaanil ‘Ilmi wa Fadhlihi (I/306, No. 395)).




Diriwayatkan dari Khalid bin Khidasy Al-Baghdadi berkata, “ketika ia  hendak berpisah dengan Malik bin Anas, lalu ia berkata, “Wahai Abu ‘Abdillah, berikanlah wasiat kepadaku, Beliau menjawab, “Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT meskipun itu dalam keadaan orang lain tahu atau tidak tahu kamu sedang bertaqwa dan beribadah kepada Allah SWT,dan menasihati setiap orang Muslim dalam kebaikan serta mencatat ilmu dari ahlinya.”




Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa bersikap zuhud, qanaah dalam menuntut Ilmu yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan Ulama – ulama terdahulu. Dengan kata lain seoarnag penuntut tidak boleh sungkan atau merasa susah dalam membeli peralatan yang menunjang para penuntut ilmu untuk memperoleh Ilmu seperti kitab, buku catatan, ball point atau yang lainnya.



Mungkin itulah  Pentingnya mengikat ilmu atau pelajran dengan tulisan tentang pentingnya mengikat ilmu atau pelajaran dengan tulisan. Semoga bermanfaat dari apa yang saya sampaikan bagi pembaca, Mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan dari penulisan. Wassalamualalikum Wr.Wb.


Baca Juga :