Adab Kepada Allah Swt Untuk Para Penuntut Ilmu

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

ADAB KEPADA ALLAH SWT UNTUK PARA PENUNTUT ILMU

Adab Penuntut Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb,  Adab kepada Allah Swt untuk para penuntut Ilmu.Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk menggali beberapa adab yang harus dijalani oleh setiap umat Muslim. Kita sebagai manusia  tentunya diciptakan oleh Allah Swt dengan sebaik baiknya, memiliki wujud yang sempurna diberi akal sempurna berbeda dengan makhluk lainnya. Kita sepatutnya selalu tetap bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Allah swt sampai saat ini karena tak terhitung berapa jumlah karunia dan rahmat yang telah Allah swt berikan kepada kita semua dari alam kandungan sampai ke alam dunia.

Secara Umum Adab terbagi menjadi tiga macam :
a. Adab kepada Allah تبرك وتعاللى
b. Adab kepada Rasulullah صللى الله عليه وسلم
c. Adab kepada sesama Makhluk

Baca Juga : 10 Etika Keseharian Baginda Nabi Muhammad SAW

Diantara adab penuntut ilmu kepada Allah  عزّ وجللى adalah :

1.Seorang penuntut ilmu wajib mengesakan Allah Swt pada apa yang khusus bagi-Nya. Adapun arti Mengesakan Allah Swt yaitu dengan mentauhidkan Allah dengan tauhid ar – Rububiyyah,al- Uluhiyyah, dan Asma’ dan Shifat-Nya.

Adapun arti dari mentauhidkan Allah dengan ar – Rububiyyah, al-Uluhiyyah, dan Asma’ dan Shifat-Nya adalah sebagai berikut :

a.Tauhid Ar- Rububiyyah, yaitu mentauhidkan atau mengesakan Allah swt didalam penciptaan, kekuasaan dan hal – hal yang beraitan dengan rububiiyyah-Nya.

b.Tauhid Uluhiyyah, yaitu mentauhidkan Allah didalam beribadah kepada-Nya. Dimana kita harus tetap dan senantiasa beribadah kepada-Nya semata da kita tidak boleh menyekutukan sesuatu pun juga di dalam beribadah kepada-Nya.

c.Tauhid Asma’ Wash shiffat, yaitu dengan kita mentauhidkan atau mengesakan Allah di dalam nama dan Sifat-Nya. Yakni dengan kita menetapkan nama dan sifat Allah dari apa yanag telah Allah jelaskan didalam Kitab-Nya dan dijelaskan oleh Rasulullah SAW di dalam hadits – hadits yang shahih kebenarannya

Baca Juga : Keutamaan Mempelajari Adab - Adab Dalam Menuntut lmu

2.Seorang penuntut ilmu wajib beradab kepada Allah Swt dengan mentauhidkan-Nya, mengikhlaskan ibadah hanya kepda-Nya, mensucikan-Nya, mengagungkan-Nya, takut dan harap hanya kepada-Nya. Tidak boleh kita berbuat syirik kepada-Nya dengan sesuatu apapun dan wajib kita menjauhkan dari segala macam perbuatan kesyirikan yang dapat menyekutukan Allah Swt baik itu syirik besar maupun syirik kecil.

3.Seorang penuntut Ilmu wajib meyakini bahwa ketika kita hidup di alam semesta ini yang dapat memberikan manfaat, menolak bahaya, memberikan rezeki, menyembuhkan penyakit, menghidupkan dan mematikan hanyalah Allah Swt saja.

4. Seorang penuntut ilmu wajib berbaik sangka kepada Allah Swt dari segala ketetepannya (Husnuzzhan) dan tidak boleh berburuk sangka dari apa yang telah ditetapkan oleh Allah Swt (Suuzzhan).

5. Seorang penuntut ilmu yaitu wajib menetapkan nama – nama Allah Swt, tidak boleh mengingkari, tidak boleh menyamakan denga nmakhluk-Nya dan tidak boleh menanyakan tentang bagaimana sifat Allah Swt

6. Seorang penuntut ilmu wajib mensucikan Allah dari semua sifat - sifat yang kurang

7. Seorang penuntut ilmu wajib melaksanakan segala macam ibadah denga khusyu dan thu’maninah dan senantiasa ingat kepda Allah dari segala hal yang kita perbuat dan lakukan di alam semesta ini.

8. Seorang penuntut ilmu harus senantiasa mentaati perintah – perintah Allah Swt dan menjauhi segala larangan-Nya.

9. Seorang penuntut ilmu harus yakin dengan Ridha terhadap Takdir dari Allah Swt disertai dengan kesabaran dan menyerahkan diri dengan sempurna.

10. Seorang penuntut ilmu wajib mengakui berbagai keutamaan – keutamaan, nikmat dan karunia yang besar hanyalah milik Allah Swt dan senantiasa kita mensyukuri-Nya dari apa yang telah Allah berikan seperti nikmat islam,iman,sunnah dan menuntut ilmu syar’i

11. Seorang penuntut Ilmu wajib senantiasa bertaqwa kepada Allah Swt baik dalam keadaan tersembunyi maupun terang – terangan dan tentunya diiringi dengan kecintaan kepada Allah Swt melebihi cinta kepada diri sendiri,harta,keluarga dan anak. Disamping itu taqwa merupakan syi’ar bagi seorang penuntut Ilmu.

Mungkin hanya itu aja yang dapat saya berikan tentang adab kepada Allah Swt untuk para penuntut Ilmus,sebenarnya adab ini tidak hanya dipakai bagi seorang penuntut ilmu sahaja tetapi adab ini berguna bagi seluruh umat Muslim yang mentaati segala perintah yang telah Allah Swt berikan kepda kiata semua. Semoga bermanfaat , mohon maaf bila terdapat kesalahan dari segi penulisan karena itu murni dari kesalahan saya. Wassalamualaikum Wr. Wb

Baca Juga :
Pentingnya Mengikat Ilmu atau Pelajaran Dengan Tulisan
Kiat - Kiat Memahami Pelajaran Yang Disampaikan Oleh Ustadz, Syaikh Atau Guru
Waspada Corona Atau Covid 19 ? Yuk Amalkan Amalan Ini