Adab Terhadap Kedua Orang Tua Bagi Penuntut Ilmu

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

ADAB TERHADAP KEDUA ORANG TUA
BAGI PENUNTUT ILMU


Assalamualaikum Wr. Wb. Adab terhadap kedua orang tua bagi penuntut Ilmu.Berbicara tentang adab kita tidak boleh bosan akan hal ini karena ini merupakan hal penting bagi para penuntut ilmu, bukan hanya terhadap para penuntut ilmu begitupun ini berlaku bagi semua orang. Sebagai contoh kecil dari adab bagaimana kita menghargai seseorang, berprilaku sopan terhadap seseorang, mengerti akan keadaan seseorang itu merupakan adab, maka dari itu adab sangatlah penting bagi para penuntut ilmu.

Contoh lain kita mempunyai ilmu tetapi tidak mempunyai adab yang baik terhadap sesama maupun diri sendiri, seprerti halnya kita berbicara dengan ilmu tetapi gaya bahasanya tidak mencerminkan berbicara dengan ilmu (Tidak tahu cara menghargai,menghormati dll). Dan kali ini kita akan mencoba menggali tentang adab terhadap orang tua bagi para penuntut ilmu.

Diantara adab-adab penuntut ilmu terhadap kedua orang tuanya adalah sebagai berikut:

1.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa Berbakti dan mentaati kedua orang tuanya selagi mereka tidak menyuruh berbuat dosa dan memutuskan silaturahmi. Dan hal ini dijelaskan di dalam Al – Qu’an Surah Al- Isra Ayat 23-24 tentang kita harus berbuat baik,berbakti dan mentaati kedua orang kita.

2.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa merendahkan diri di hadapan keduanya, dengan tawadhu’ dan penuh kasih sayang, sebagai perwujudan dari Firman Allah Swt di dalam Surah Al- Isra Ayat 24.

3.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa berdo’a untuk kedua orang tuanya dengan selalu memohonkan rahmat dan ampunan dari Allah Swt, berdasarkan firman Allah Swt di dalam Surah Al – Isra Ayat 24. Disamping itu Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh Allah Swt akan mengangkat derjaat seorang hamba yang shalih disurga. Ia berkata, ‘Ya Rabb-ku darimana semua ini ? Allah Swt, ‘Dengan sebab istigfar anakmu untuk dirimu.’

4.Seorang penuntut ilmu harus senantiasa memenuhi semua kebutuhan  kedua orang tuanya yaitu  dengan cara ia  membantu, memberikan nafkah, melayani keduanya dengan senang hati, berusaha bersungguh - sungguh dalam berbuat baik kepada keduanya. Karena jika kalian tahu dengan hal itupun kita tidak akan pernah membalas jasa dan hak keduanya.

Begitu banyak keutamaan – keutamaan berbakti, mentaati dan berbuat baik kepada orang tua tetapi hal itu dilakukan selagi tidak keluar dari syariat yang telah ditentukan.

Baca Juga :

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Adab terhadap kedua orang tua bagi penuntut Ilmu. Semoga bermanfaat, Mohon maaf bila tedapat kesalahan kata dalam tulisan. Wassalamualaikum Wr. Wb