Patut Diperhatikan Inilah Adab Terhadap Kerabat, Tetangga dan Masyarakat.

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

PATUT DIPERHATIKAN INILAH ADAB TERHADAP KERABAT,TETANGGA DAN MASYARAKAT

adab Ilmu

Assalamualaikum Wr. Wb.  Patut diperhatikan inilah Adab terhadap kerabat, tetangga dan masyarakat. Sahabat semuslim dan seiman kadangkala kerap terjadi permasalahan terhadap kerabat, tetangga ataupun masyarakat di kehidupan kita, apalagi dalam hal yang menyangkut keharmonisan hubungan baik dengan manusia. Hal ini bisa terjadi karena merebutkan hal tertentu, hak yang diambil ataupun pendapat sesama yang keliru. Maka dari itu kita harus senantiasa menjauhi dari hal – hal tersebut agar tidak terjadi  dan menjaga hubungan baik terhadap sesame manusia. Lantas bagaimana solusi dari permasalahan di atas supaya hal itu tidak pernah terjadi di kehidupan bertetangga dan bermasyarakat. Inilah adab – adab yang perlu diperhatikan apalagi untuk para penuntut Ilmu, diantarannya adalah sebagai berikut :

A.Adab Penuntut Ilmu terhadap Karib Kerabat

1.Para penuntut Ilmu hendaklah mengetahui hak – hak kekerabatan seperti kewajiban dalam menyambung silaturahmi dan tidak boleh memutuskan tali silaturahmi. Sebab jangan sampai kita tidak mengetahui akan hal itu sebisa mungkin kita harus benar – benar memerhatikan hal tersebut.

Adapun sabda lain dari Rasulullah Saw,”Tidak akan pernah masuk Surga orang – orang yang memutuskan tali silaturahmi.” (HR.Al- Bukhari)

2.Para penuntut Ilmu hendaklah senantiasa mengunjungi mereka (karib kerabat) sembari dengan memberikan hadiah, berkata yang baik dan berwajah ceria ketika mengunjungi dan bertemu mereka.

3.Para penuntut Ilmu hendaklah selalu membantu mereka dan bershadaqah kepada mereka yang faqir, karena dengan hal itu seseorang penuntut Ilmu mendapat dua ganjaran, selain dari ganjaran bershadaqah ia pun mendapat ganjaran menyambung tali silaturahmi.

4.Para penuntut Ilmu hendaklah bersabar atas dari gangguan mereka dan senantiasa memaafkan segala kesalahan mereka. 


5.Para penuntut Ilmu harus senantiasa memperhatikan petunjuk Islam dalam tingkatan prioritas menyambung kekerabatan, pertama kepada Ibu, bapak; kedua nenek, kakek; ketiga bibi, paman; kemudian dari terdekat dan yang terdekat.

B.Adab Penuntut Ilmu terhadap Masyarakat

1.Para penuntut ilmu harus senantiasa mengetahui hak-hak mereka dan melaksanakan dari apa yang menjadi hak-hak mereka.
2.Para penuntut Ilmu hendaklah beretika dengan adab-adab Islam bersama masyarakat ketika bertemu, seperti mengucapkan salam ketika bertemu, wajah berseri dengan penuhu kegembiraan, merendahkan suara ketika berbica dengan kalangan masyarakat, mendo’akan untuk hal-hal yang baik seperti bersin, menjenguk ketika ada kalangan masyarakat yang sakit, menyolatkan dan mengantarkan jenazah mereka ketika ia wafat.

3.Para penuntut Ilmu hendaklah menghormati dan memuliakan orang-orang yang lebih tua, menyayangi yang kecil (anak-anak), dan senantisa memuliakan orang-orang berilmu, berbuat baik terhadapa mereka,menolong mereka bila membutuhkan bantuan kita, senantisa memenuhi undangan mereke (selama tidak melanggar syariat) dan tidak boleh menghadiri acara syirik dan bid’ah serta hal – hal yang dapat merusak hubungan baik bersama manusia, Allah  Swt serta alam semesta.

4.Para penuntut Ilmu hendaklah senantiasa membimbing mereka dengan lemah lembut, ajarkan mereka yang tidak tahu menjadi tahu dengan bertahap dan sabar. Ajarkan mereka dengan membaca Al- Quran, ajarkan mereka untuk bertauhid dan mentauhidkan Allah Swt serta menjauhkan dari segala bentuk kesesatan seperti syirik atau lain sebagainya, dan yang terakhir ajarkan mereka tentang tatacara ibadah yang baik seperti shalat dan wudhu yang benar.

5.Para penuntut Ilmu tidak boleh mengganggu mereka sama hal nya dengan karib kerabat, tidak boleh menyakiti mereka baik dengan lisan, tangan, maupun hal lainnya yang dapat melukai hati dan fisik mereka, tidak boleh menggunjing (membicarakan aib mereka/orang lain), tidak mencari – cari kejelekan serta kesalahan mereka dan sudah sepatutnya menutupi aib – aib mereka.

6.Para penutut Ilmu hendaklah sabar atas sikap bodoh mereka dan sabar atas segala gangguan mereka.

7.Para penuntut Ilmu hendaklah senantiasa menghadapi sikap buruk mereka terhadap kita dengan kebaikan- kebaikan yang kita punya.

Mungkin itulah hal yang Patut diperhatikan inilah Adab terhadap kerabat, tetangga dan masyarakat. Semoga bermanfaat dan Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penulisan kata atau kalimat karena itu semua merupkan murni dari kesalahan saya pribadi. Wassalamualaikum Wr. Wb

Baca Juga :