Keutamaan dan Ganjaran Serta Bentuk Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Berbakti kepada orang tua

Assalamualaikum Wr. Wb. Keutamaan dan ganjaran serta bentuk berbakti kepada kedua orang tua.Kedua orang tua kita merupakan seseorang yang sangat berharga bagi kita, karena merekalah kita bisa merasakan indahnya dunia karena tanpa mereka kta bukanlah apa – apa. Seorang anak dikandung didalam Rahim Ibu Sembilan bulan lamanya dengan kebahagiaan menjaga kita agar selalu dalam kondisi baik – baik saja tanpa pernah mengenal arti keluh kesah dalam menjaga kita. Seorang Ayah senantiasa memberi kita nafkah kasih sayang, perhatian, pendidikan, kemanusiaan serta mengenal arti tanggung jawab akan kehidupan.

Berbakti kepada orang tua merupakan jembatan kita mendapat Ridha-Nya Allah Swt. Berikut keutamaan dan ganjaran mengapa kita mendapat Ridha-Nya Allah Swt.

1.Berbakti kepada Orang Tua merupakan amal yang paling utama bagi seorang anak.



2.Berbakti kepada Orang Tua  akan mendapatkan  Ridha  dari Allah Swt, karena Ridha-Nya Allah tergantung kepada keridhaan orang tua kepada anaknya.




3.Berbakti kepada Orang Tua dapat menghilangkan kesulitan yang sedang diaalmi, maka jika kita mendapatkan kesullitan mka berbaktilah kepada orang tua.




4.Berbakti kepada Orang Tua dapat meluaskan tizki dan memanjangkan umur, maka ketika merasa rizki kita sempit berbaktilah kepada orang tua




5.Berbakti kepada Orang Tua dapat memasukan seorang anak kedalam Surga-Nya Allah Swt




6.Berbakti kepada Orang Tua dapat menghapuskan dosa – dosa.




7.Seorang anak akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia dan diakhirat kelak apabila ia berbakti kepada kedua orang tuanya








Itulah mengapa mengapa kita harus berbakti kepada kedua orang tua kita Karena di dalamnya terdapat keutamaan keutamaan yang luar biasa bagi kehidupan kita. Jika kalian bertanya dan merasa bingung  berbakti kepada kedua orang tua dengan baik itu seperti apa ?  Beirkut merupakan bentuk - bentuk dari berbakti kepada kedua ornag tua :




1.Seorang anak harus bergaul bersama kedua orang tua dengan cara yang baik atau adab yang baik. Didalam suatu riwayat dikatakan bahwa ada seseorang datang membai’at Rasulullah SAW atas hijrah dengan meninggalkan kedua orang tuanya dalam keadaan menangis, maka Rasulullah SAW berkata, “ Kembalilah dan buatlah keduanya tertawa sebagaimana engkau telah membuanya menangis.” (HR. Abu Dawud (no. 2528), An- Nasa’I (VII/143), Al- Hakim (IV/152) dan Al- Baihaqi (IX/26) dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al- ‘Ash RA).




2.Berbakti kepada kedua orang tuanya dengan perkataan yang lembah lembut, tidak boleh kasar karena  hal itu dapat menyakiti hatinya.




3.Berbakti kepada kedua orang tua harus senantiasa Tawadhu’ (Rendah Hati)




4.Seorang anak berbakti kepada kedua orang tua dengan memberikan infak (shadaqah) kepada orang tua.




5.Seorang anak berbakti kepada kedua orang tua harus senantiasa Mendo’akan kedua orang tuanya.




6.Jika kedua orang tua mempunyai utang – piutang apalagi itu utang – piutang karena seorang anak, maka seorang anak wajib membayarkan utang – piutang kedua orang tuanya.




7.Jika kedua orang tua menunaikan wasi’at maka tunaikanlah wasi’at tetapi wasiat tersebut harus sesuai dengan wasi’at yang sesuai dengan kadidah – kaidah yang berlaku




8.Bentuk berbakti kedapa orang tua yang terakhir yaitu dengan menyambung kekerabatan selama keduanya masih hidup dan setelah salah satu atau keduanya meninggal, serta melaksanakan wasi’atnya. Rasulullah Swt bersabda, “Sesungguhnya diantara kebaikan yang paling baik adalah seorang anak menyambung hubungan dengan teman ayahnya sepeninggalnya.” (HR. Muslim (no 2552(11)),dari sahabat Ibnu ‘Umar RA).




Mungkin itulah Keutamaan dan ganjaran serta bentuk berbakti kepada kedua orang tua.Kedua orang tua. Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam hal penulisan karena hal itu murni kesalahan saya sendiri. Adapun kritik dan saran sangat saya harapkan. Wassalamualaikum Wr. Wb




Baca Juga :