5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Berada Di Rumah.

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

5 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA BERADA DIRUMAH

rumah

Assalamualaikum Wr. Wb. 5 Hal yang harus diperhatikan ketika berada di rumah. Rumah merupakan istana bagi kehidupan, tempat tinggal, kediaman diri, tempat berteduh atau mungkin tempat bermain bagi keluarga tecinta kita. Tapi terkadang rumah di jadikan sebagai tempat penyendiri terbaik bagi orang orang yang suka berdiam diri dirumah. Sebab itu rumah bagaikan istana apalagi di jadikan tempat kumpul bersama keluarga tercnita. Sebenarnya jika kalian ketahui bahwa selain di sekolah, di masjid ataupun di tempat – tempat yang memiliki tingkat eksistensi pendidikan, dirumah pun kita harus senantiasa menjaga eksistensi tersebut dengan menghias rumah – rumah kalian dengan adab dan akhlak yang sesuai dengan perintah atau ajaran Rasulullah Saw atau para ulama – ulama terdahulu, khususnya bagi para penuntut Ilmu. Inilah adab – adab bagi penuntut Ilmu ketika berada di rumah adalah sebagai berikut : 


1.Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa mendahulukan kaki kanan dan mengucapkan “bismillah’ serta mengucapkan salam. Apabila keluar rumah senantiasa mendahulukan kaki kiri serta membaca doa – doa yang telah di tentukan dalam agama kita. Hal ini sebenarnya sama seperti kita masuk dan keluar dari masjid.

2.Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa menyampaikan ilmu yang bermanfaat kepada keluarga dengan mengajarkan mereka perbuatan baik, tata cara wudhu, tayamum, mandi junub, shalat dan hal – hal lain yang berhubungan dengannya, berupa kewajiban, Sunnah – Sunnah serta keutamaan – keutamaan dalam melakukannya.

Baca Juga : Waspada Corona atau Covid 19 ? Yuk Amalkan Amalan Ini


3.Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa berupaya untuk mengajarkan seseuatu yang bermanfaat bagi anak kecil dalam bentuk perbuatan dan perkataan. Serta senantisa berusaha dalam mengamalkan Sunnah – Sunnah Nabi Muhammad Saw di hadapan mereka dan menjauhi sikap tercela di hadapan mereka.

4.Seorang penuntut Ilmu harus senantiasa menghidupkan rumah dengan membaca Al- Quran (terutama surat Al- Baqarah) karena hal itu dapat membuat setan lari terbirit birit ketika membacakan surah Al- Baqarah (HR Sunan Al- Baihaqi) dan ini sesuai dengan sabda Nabu Muhamad Saw selain itu kita herus perbanyak dzikir, dan mngerjakan shalat – shalat Sunnah tentunya senantiasa mengajak keluarga kita.

5.Seorang penuntut ilmu wajib mengajarkan anak – anak dua kalimat syahadat, ajarkan tauhid tentang keesaan dan kebesaran Allah swt dan jauhkan mereka dari hal – hal yang yang dapat menyekutukan Allah Swt.

Catatan yang harus diperhatikan seseorang penuntut Ilmu disini tidak hanya berlaku untuk seorang penuntut Ilmu saja tetapi bagi orang – orang yang mau belajar ilmu dan mengajarkan ilmu termasuk di dalam keluarga seperti Ibu, Ayah, Kakak atau hal lain dalam kekerabatan.

Baca Juga : Biografi Kelahiran Nabi Muhammad Saw

Mungkin itulah 5 Hal yang harus diperhatikan ketika berada di rumah. Semoga bermanfaat dan Mohon maaf bila tedapat kesalahan dalam penulisan kata maupun kalimat karena itu merupakan kesalahan dari diri saya pribadi. Wassalamualaikum Wr. Wb.