Perhatikan Inilah 7 Adab Ketika Berada di Masjid

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

PERHATIKANINILAH 7 ADAB KETIKA BERADA DI MASJID

masjid

Assalamualaikum Wr. Wb. Inilah 7 Adab Ketika Berada di Masjid. Bagi umat muslim di dunia tentunya tidak asing lagi dengan keberadaan Masjid, karena Masjid merupakan tempat peribadatan umat muslim dunia. Di berbagai pelosok desa, perkampungan maupun di kota – kota besar sering kita jumpai Masjid. Masjid merupakan Rumah Allah Swt dan bagi sesiapa yang datang itulah hak dari umat muslim untuk melakukan ibadah shalat 5 waktu, pengajian, tempat mejelis ilmu atau hal hal yang menunjang kegiatan itu dilaksanakan di Masjid. Berikut adalah merupakan etika yang perlu diketahui dan dilaksanakan oleh sesiapa yang mengunjungi dan berdiam di Masjid, penjelasannya adalah sebagai berikut :

1.Seorang Muslim atau penuntut Ilmu harus bersungguh – sungguh dalam menghadiri shalat berjamaah. Adapun shalat berjamaah yang dimaksud adalah seperti shalat lima waktu, shalat jumat ataupun shalat – shalat lainnya, dan senantiasa menempatkan dirinya pada shaff terdepan. Hal ini merupakan sebagai salah satu cara untuk meneladani para Salafush Shalih yang bersemangat dalam mengadiri shalat berjamaah, shalat jum’at dan memperhatikan shaff terdepan.

Baca Juga : Biografi Kelahiran Nabi Muhammad Saw


2.Seorang Muslim atau penuntut Ilmu hendaklah ketika berada dimasjid menyampaikan semaksimal mungkin ilmu yang ia miliki. Adapun hal yang harus senantiasa disampaikan adalah tentang tauhid dan menjauhkan dari segala macam syirik yang dapat menyekutukan Allah Swt, serta mengajarkan Sunnah - Sunnah Nabi Muhammad Saw yang mudah bagi mereka untuk mengamalkannya. Selain dari itu juga kita hendaklah bersemangat membacakan berbagai hal yang berkaitan dengan peristiwa dan ibadah musiman seperti ibadah shalat istisqa, shalat gerhana, puasa Ramadhan, zakat fithri, ibadah haji, kurban, dan hukum – hukum yang terkait dengan 2 hari raya (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adh-ha) serta hal – hal lainyya.

3.Seorang Muslim atau para penuntut Ilmu yang diangkat menjadi imam hendaklah tidak berlebihan dalam bergaul dan tidak menutup diri terhadap ja’maah shalat. Karena di dalam Islam mengajarkan sesuatu harus dilakukan dengan seimbang.

4.Seorang Muslim atau para penuntut Ilmu ketika menghadiri masjid hendaklah senantiasa memelihara kebersihan, kesucian, dan kehormatan masjid. Selain dari itu, juga dianjurkan untuk mengharumkan ruangan masjid serta membersihkan lantai dan karpetnya.

5.Seorang Muslim atau para penuntut Ilmu harus senantisa menjaga perabot di dalam masjid yang menjadi milik wakaf berupa mushaf Al- Quran, meja, karpet, peralatan listrik atau hal – hal yang berkaitan dengan wakaf atau lainnya. Adapun etika dalam peletakan mushaf, hendaklah disimpan dan di tempatkan di dalam rak atau laci agar tidak di abaikan dan tidak rusak.

6.Seorang Muslim atau para penuntut Ilmu, ketika berada di dalam masjid tidak mengeraskan suara ketika di dalamnya. Baik itu dalam membaca Al- Quran, dzikir, maupun berbincang – bincang karena hal itu dapat mengganggu orang lain yang sedang belajar atau mengerjakan shalat. Adapaun adab ketika memasuki masjid hendaklah ia mendahulukan kaki kanan dan keluarkan senantiasa mendahulukan kaki kiri serta membaca doa masuk masjid atau keluar masjid dari apa doa yang telah di syariatkan.

7.Seorang Muslim atau para penuntut Ilmu hendaklah bersikap tenang ketika memasuki masjid atau melakukan tahiyatul masjid. Disamping itu juga kita harus senantiasa memperhatikan kebersihan badan dengan mandi, memakai pakaian bagus dan memakai farfum wewangian karena hal ini agar tidak mengganggu teman atau sesama umat muslim ketika sedang beribadah atau hal lainnya.

Mungkin itulah, Inilah 7 Adab Ketika Berada di Masjid. Semoga bermanfaat dan Mohon maaf bila terdapat dalam penulisan kata atau kalimat karena itu murni adalah kesalahan saya pribadi. Wassalamualaikum Wr. Wb.


Baca Juga :