Peristiwa Baiat Aqabah Pertama.

Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

 
peristiwa-baiat-aqabah-pertama

Peristiwa Baiat Aqabah Pertama. Assalamualaikum Wr. Wb. Jangan lupa kita untuk bershalawat kepada baginda Nabi Muhammad Saw tiga kali untuk membaca lanjutan Peradaban Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.

Seperti yang kita ketahui pada pembahasan – pembahasan sebelumnya bahwa Rasulullah Saw bersama pengikut pengikut muslim dan para sahabat sahabat nya melakukan perjuangan untuk menegakan syariat Allah Swt yakni tegaknya agama Islam.

Proses yang dilalui oleh Rasulullah Saw dalam mensyiarkan agama Islam dengan melakukan metode dakwah, di dalam melakukan dakwah Rasulullah Saw berdakwah selama dua periode yakni periode Mekkah dan periode Madinah.

Baca Juga : Peradaban Islam Pada Masa Nabi Muhammad Saw III

Berbuntut dari dakwah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw selama di Mekkah beliau memberlakukan terhadap pengikut pengikutnya untuk hijrah kemadinah karena penindasan  - penindasan kaum Quraisy semakin menjadi jadi.

Setelah para pengikut – pengikut hijrah ke kota Madinah Rasulullah Saw tetap di kota Mekkah bersama Abu Bakar dan Ali bin Abi Thalib menunggu perintah dari Allah Swt, dan tidak lama kemudian Jibril datang untuk memberikan kabar tersebut.

Dan pada akhirnya Rasulullah Saw pun pergi hijrah ke kota Madinah dan diasambut dengan riang gembira oleh penduduk anshar pada saat itu, sesampinya disana Rasulullah Sar membangun masjid dan masyarkaat baru di kota Madinah.



Sampai pada akhirnya kota madinah menjadi negara yang makmur dan pelaksana dan penguasa pada saat itu benar benar bermayoritas orang – orang muslim sehingga dengan bergitu Madinah merupakan ibukota bagi umat Islam.

Dari peristiwa diatas bahwa penduduk – penduduk yang ada dikota madinah menerima adanya agama Islam yang didakwahkan oleh Rasulullah Saw. Adapun penerimaan Islam sebagai agama yang haq ditandai dengan baiat aqabah pertama dan kedua.

Baiat Aqabah Pertama

Peristiwa baiat awabah pertama ini dimulai pada 12 masa kerasulan tepatnya pada musim haji pada saat itu. Dimana peristiwa ini terjadi setelah satu tahun kemudian keismalan dari suku Khajraz yang berjumlah 6 orang dan 12 orang Yastrib.

6 suku Khajraz dan 12 orang Yastrib tersebut datang ke Aqabah, disapming itu juga terdapay 10 suku Khajraz dan 2 orang dari suku Aus menghampiri datang kepada Rasulullah Saw.

Mereka melakukan baiat terhadap Rasulullah Saw bahwa mereka mengakui agama Islam dan beliau sebagai Rasul-Nya dan ini disebut dengan baiat Aqabah pertama.

Sebelumnya juga terdapadat Ubadah bin Shamit datang kepada Rasulullah Saw dan berkata bahwa “Bahwa kami juga berbaiat kepada Rasulullah Saw sebelum diwajibkan kepada kami untuk berperang.

Ubadah bin Shamit menyatakan bahwa ia tidak akan menyekutukan Allah Swt, tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak anak kami, tidak akan menciptakan suatu kebohongan serta tidak akan membantah yang beliau ajarkan.

Rasulullah Saw juga menyebutkan jika kalian  bersungguh – sungguh melakukan itu semua menjauhi segala larangan-Nya maka balasan nya adalah suraga jika sebaliknya dan ingkar janji keputusan dan urusan ada di tangan Allah Swt jika berkehendak.

Dengan masuk islamnya penduduk Yastrib Rasulullah Saw mengutus seseorang yang bernama Mush’ab bin Umair untuk mengajarkan mereka dalam mengajarkan Islam dan membacakan Al-Qur’an serta Mush’ab juga mengimani mereka Shalat.

Mush’ab bin Umair juga di dalam waktu singkat berhasil menyebarkan agama Islam dari pada setiap rumah di Madinah serta berhasil mengajak tokoh – tokoh madinah lainnya termasuk Sa’ad bin Muadz dan Asid bin Al-Hadhir dan yang lainnya.

Tidak hanya di kota Madinah hebatnya Mush’ab pada musim haji selanjutnya tepatnya pada tahun ke 13, Mush’ab berhasil mengajak orang – orang Yastrib yang ada di Mekkah masuk Islam dan memiliki kekuatuan karena mereka semua bersatu.

Baca Juga : Keutamaan dan Ganjaran Serta Bentuk Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Pelajaran yang dapat kita ambil dari peristiwa Baiat Aqabah 1 bahwa dengan perjuangan baik maka menghasilkan hal yang baik pula serta dengan bersatu kita bisa mencapai puncak kekuatan tertinggi dan Allah Swt juga membantu umat Islam karena bersatu.

Sumber Pencarian Google, Sumber Pustaka Buku, Sumber Gambar (Mohon Izin).